Divisi Pendidikan Luar Sekolah

divisi bantuan luars sekolah Yayasan Sahabat PelajarPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. (pasal 1 ayat 1 UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas).

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa , yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman , bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat , berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.

Berdasarkan data dipropinsi DKI didapati data sebagai berikut. Jumlah pemuda penganggur 123.558 orang, Usia sekolah tidak sekolah 113.966 orang, anak jalanan 133.244, pekerja anak 198.555 orang. Dari sekilas data diatas dapat dikatakan bahwa jumlah pelajar yang tidak dapat mengikuti kesempatan pendidikan formal sangat besar jumlahnya sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat untuk membantu terlaksananya pendidikan formal tersebut.

Divisi pendidikan luar sekolah merupakan upaya formalisasi dari kegiatan pendidikan luar sekolah yang divisi bantuan luars sekolah Yayasan Sahabat Pelajar 2akan diadakan oleh Yayasan Sahabat Pelajar. Dalam perkembangannya kegiatan ini difokuskan kepada para pemuda dan pelajar usia sekolah yang mengalami putus sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan kemampuan bagi mereka sehingga mereka dapat diarahkan untuk mendapatkan kesempatan yang sama bagi pelajar yang menikmati bangku sekolah. Program ini mengikuti rancangan kegiatan yang telah diajukan oleh pemerintah melalui pendidikan daerah.